Beranda | Artikel
Bisnis Online (Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A.)
Minggu, 4 Oktober 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Arifin Badri

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A.

Rekaman video: Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A. – Bisnis Online

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Bisnis Online

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين

“Siapa pun yang Allah kehendaki untuk mendapatkan kebaikan, Allah akan jadikan dia paham ilmu agama.”

Di dalam bahasa Arab, “خيرا” disebut dengan nakirah, kata yang tidak menggunakan “ال“. Dan konteks hadits ini menggunakan gaya bahasa persyaratan, “من“, yaitu “Siapa pun yang Allah kehendaki untuk mendapatkan kebaikan …”. Di dalam kaidah ilmu ushul fiqih dijelaskan, bahwa nakirah bila disebutkan dalam konteks kalimat persyaratan, maka artinya adalah umum. Sehingga arti (hadits) tersebut adalah “Siapa pun yang Allah kehendaki mendapati kebaikan …”, yaitu kebaikan yang mencakup kebaikan dunia, kebaikan akhirat, rumah tanggah, wirausaha, hingga sosialnya, semua urusan dia maka tercakup dalam hadits ini.

Sehingga siapa pun yang Allah kehendaki dia mendapati kebaikan dalam bidang apa saja, maka kuncinya hanya ada satu, yaitu Allah akan jadikan dia paham ilmu agama. Kalau memang dalam urusan rumah tangga, maka dia akan paham ilmu agama yang berhubungan dengan rumah tangga. Kalau dalam urusan sosial, maka dia akan paham ilmu agama dalam urusan sosial. Kalau dia dalam aktivitas bisnis / ekonomi, maka Allah akan jadikan dia paham ilmu agama dalam urusan ekonomi.

Ayo simak penjelasan ceramah agama tentang bisnis online serta hukum-hukum Islam yang terkait dengannya, agar segala aktivitas kita, termasuk usaha kita, menjadi berkah dan menjadi kebaikan untuk akhirat kita.

Download Ceramah Agama: Ustadz Muhammad Arifin Badri – Bisnis Online

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16324-bisnis-online-ustadz-dr-muhammad-arifin-badri-ma/